Masa pandemi covid-19 merupakan masa-masa yang sulit, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Pandemi menyebabkan banyak perusahaan yang terpaksa harus melakukan PHK atau pemutusan kontrak pada karyawannya. Bahkan banyak para pelaku usaha UMKM yang gulung tikar terpaan wabah Covid-19

Meskipun banyak bisnis yang merugi akibat pandemi, pandemi covid-19 tidak selalu berdampak negatif bagi para pelaku bisnis. Bagi para pelaku bisnis yang pintar melihat peluang, pasti dapat melihat peluang bisnis bermunculan karena pandemi. Salah satunya adalah bisnis online, sektor bisnis ini justru mengalami pertumbuhan yang positif saat pandemi.

Peran layanan cloud hosting seperti RumahWeb sangat penting demi bisa membantu para UMKM dalam mempersiapkan struktur maupun infrastruktur yang diperlukan untuk transformasi bisnis online. Terlebih lagi agar para pebisnis UMKM lebih mudah dalam memulai bisnis secara online.

Onboarding UMKM Ke Ekosistem Digital

Pada tahun 2024 pemerinteh menargetkan 30 juta pengiat UMKM Onboarding Ke Ekosistem Digital​. Digitalisasi UMKM ini harus dilakukan, karena nilai ekonomi digital Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Upaya pemerintah dalam melakukan digitalisasi UMKM diharapkan dapat memperkuat perekonomian nasional, selan itu dapat meningkatkan daya saing UMKM. 

Agar UMKM dapat go digital, diperlukan metode pendekatan, pemetaan dan sinergi lintas sektoral yang sesuai. Strategi dan metode ini di perlukan untuk percepatan digitalisasi UMKM. Salah satu cara UMKM dapat go digital adalah dengan Cloud Hosting. Jadi apa itu Cloid Hosting?

Cloud Hosting adalah layanan hosting dengan kepraktisan dan kemudahan shared hosting namun dengan resource (CPU, RAM, dan Storage) yang dedicated. Dedicated di sini artinya adalah bahwa Rumahweb menjamin CPU, RAM, dan storagenya dijamin dapat digunakan sesuai satuan yang dialokasikan.

Dengan Cloud Hosting dari RumahWeb, para palaku UMKM dapat Onboarding Ke Ekosistem Digital​ dengan lebih mudah.

Keuntungan Dari UMKM Go Digital

Di era serba digital seperti sekarang ini, tentu membangun bisnis secara konvensional rasanya terlalu banyak memakan waktu dan biaya. Karena itulah sangat dianjurkan bagi pebisnis UMKM untuk ikut terjun ke UMKM Go Digital. Ada begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari UMK Go Digital, seperti:

Modal Lebih Kecil

Jika pengembangan bisnis konvensional membutuhkan modal yang cukup besar, maka kamu tidak akan menemukannya disini. Sebab, kamu tidak perlu lagi memikirkan modal untuk menyewa toko apabila terjun ke dalam bisnis online seperti UMKM Go Digital.

Modal yang kamu butuhkan pun relatif kecil dan cenderung sepele. Misalnya, handphone atau gadget, kuota internet dan tentunya bahan baku produk. Karena itulah sebaiknya kamu tidak perlu berpikir ulang demi bisa mengembangkan bisnismu dengan baik.

Biaya Operasional Lebih Sedikit

Bayangkan jika kamu membangun toko berbentuk fisik. Tentu kamu membutuhkan tidak sedikit biaya untuk operasional toko tersebut. Berbeda halnya ketika kamu membangun toko online. Biaya operasionalnya pun  akan menjadi jauh lebih irit.

Kamu hanya perlu memikirkan biaya operasional seperti kuota internet, listrik hingga biaya packing saja. Tidak perlu repot memikirkan biaya A, B dan C yang begitu banyak. Karena itulah para pebisnis UMKM sangat dianjurkan untuk ikut UMKM Go Digital.

Bisa Dilakukan Dimana Saja

Karena pengembangan bisnis UMKM dilakukan secara online, maka kamu bisa dengan mudah mengaksesnya dimana saja. Standby di toko sudah bukan lagi menjadi kewajiban kamu ketika ikut terjun ke dalam UMKM Go Digital.

Kamu hanya perlu memperhatikan gadget guna mengawasi toko online milikmu kapan dan dimana saja tanpa adanya batasan apapun. Dengan begini, kamu juga bis alebih cepat merespon calon pembeli yang ingin berbelanja produk di tokomu.

Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Apabila dibandingkan dengan toko biasa, maka pembangunan toko online tentu bisa lebih luas dalam menjangkau calon konsumen. Dengan sistem cloud untuk bangsa yang canggih, tidak mustahil mendapatkan konsumen yang banyak dalam jangkauan luas.

Pengguna internet yang sangat banyak tentunya bisa menjadi potensi bisnis yang cukup menggiurkan untukmu. Jangan lupa gunakan strategi yang tepat sehingga produkmu bisa dengan mudah dikenal oleh banyak orang di seluruh Indonesia. 

Biaya Pemasaran Lebih Terjangkau

Keuntungan lainnya ketika kamu mengikuti program UMKM Go Digital ada pada biaya pemasaran yang lebih terjangkau. Kamu tidak perlu lagi melakukan pemasaran produk secara manual dengan menggunakan brosur, spanduk maupun billboard.

Sebab, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam sosial media untuk mempromosikan produkmu. Misalnya, melalui Facebook dan Instagram. Apalagi saat ini tersedia layanan Facebook dan Instagram Ads yang bisa mempermudah kamu untuk mengiklankan produkmu. 

Hosting Murah untuk Digitalisasi UMKM

RumahWeb adalah penyedia layanan web hosting yang mampu memberikan berbagai macam layanan terbaik yang bisa membantu pogram UMKM Go Digital. Salah satunya yang paling populer dan bisa diandalkan adalah Cloud Hosting.

Melalui layanan yang ditawarkan oleh RumahWeb ini, maka pelaku bisnis UMKM bisa membuat toko online sendiri dengan biaya yang sangat terjangkau. Tidak usah khawatir lagi memikirkan biaya untuk memiliki etalase toko, situs profil maupun lainnya.

Sebab, dengan layanan ini maka pebisnis UMKM bisa membuat toko online dengan praktis dan tentunya bisa meraup penjualan yang lebih maksimal lagi. Lewat layanan termutakhir ini pula, pebisnis UMKM akan bisa untuk membuat landing page, website hingga toko online secara cepat.

Tidak perlu buang waktu lagi untuk membangun toko online, Semuanya bisa dengan sangat mudah dilakukan dan pastinya tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Bukan hanya menyasar UMKM saja, namun layanan ini juga direkomendasikan untuk startup.

Meningkatkan Brand Awereness Bisnis Online

Agar bisnis kamu mampu bersaing di pasaran dan produk kamu tidak kalah bersaing dengan kompetitor, maka sebaiknya kamu mulai meningkatkan brand awereness bisnis online milikmu. Tidak sulit tentunya untuk meningkatkan brand awereness produk atau bisnis online. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini. 

Investasi Branding dengan Domain di Rumahweb

Domain merupakan salah satu elemen penting untuk memulai bisnis online. Karena dengan memiliki domain nama brand atau bisnis kamu akan mudah di cari oleh orang melalui internet. Cara memilih domain yang baik adalah dengan cara memilih domain yang mudah di cari dan di ingat oleh orang lain dan juga harus mempresentasikan produk atau bisnis kamu.

Beriklan Secara Online (Ads)

Selanjutnya, kamu juga bisa mengiklankan produkmu dengan layanan iklan digital seperti Instagram, Tiktok, Google dan Facebook Ads. Jangan lupa lakukan optimasi dengan menggunakan hashtag maupun konten-konten yang relevan dengan audiens. Contohnya seperti target umur, gander, demografi dan lainnya.

Membuat Logo dan Tagline

Sebuah bisnis atau produk wajib memiliki sebuah logo, karena sebuah logo meruakan sebuah identitas suatu brand. Melakukan brand awereness akan lebih mudah jika sudah memiliki logo dan tagline. Tagline sangat berguna untuk mempresentasikan bisnis kamu dengan lebih jelas, baik secara merek, maupun produk ataupun jasa.

Cross Selling di Marketplace ​

Bukan hanya bisa menjual lewat website saja. Kamu juga bisa membangun toko online yang tersebar di berbagai macam situs marketplace Indonesia. Strategi yang dinamakan sebagai cross selling ini tentunya bisa membuat kamu mendapatkan keuntungan yang berlimpah dalam bisnis. 

Ikut Pagelaran atau Event

Mengikuti sebuah event dapat meningkatkan brand awareness sehingga ada lebih banyak orang yang mengenal bisnis atau produk yang kamu tawarkan. Selain itu mengikuti event kamu juga bisa riset tentang tren pasar yang sedang digemari oleh masyarakat sekarang.

Kesimpulan

Memulai bisnis memang tidak mudah, banyak yang harus disiapkan. Menggunakan Cloud Hosting dari RumahWeb adalah solusi terbaik untuk kamu memulai Bisnis Secara Online. Diharapkan dengan semakin banyaknya pegiat UMKM yang  terjun ke online dengan RumahWeb, bisa mencapai visi bangsa sebagai Digital Energy of Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.