Menulis di sebuah blog atau website tidaklah mudah, jujur saya sendiri juga masih terus belajar bagaimana cara menulis artikel SEO yang baik dan benar. Karna untuk apa kita menulis artikel tapi tidak muncul di Google.

Maka yang perlu kamu ketahui adalah kalau menulis artikel dengan baik saja tidaklah cukup. Agar artikel dibanjiri pengunjung, maka kamu perlu menerapkan cara menulis artikel yang sesuai dengan kaidah SEO. Dengan demikian, artikel yang dibuat akan lebih mudah muncul di page one Google.

Tentunya kamu ingin artikel ditulis tersebut langsung muncul di halaman pertama saat orang lain mengakses kata kunci sejenis, bukan? Karena itulah perlu mempelajari bagaimana cara menulis sebuah artikel sesuai dengan kaidah SEO. 

Cara Menulis Artikel SEO Yang Disukai Google

Kalau kamu mau menulis artikel yang berkualitas dan pastinya SEO friendly, maka harus menerapkan cara-cara berikut. Saya akan membagian bagaimana cara menulis artikel yang biasa saya lakukan termasuk tulisan ini.

Gunakan Kata Kunci Tepat 

Cara pertama yang harus dilakukan untuk menulis artikel SEO adalah memilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan konten tulisan. Saya biasanya sebelum menulis akan mencari kata kunci yang serach volume yang lumayan dan memiliki KD (Keyword Difficulty) yang rendah. Kenapa demikian karna keyword dengan KD yang rendah akan lebih mudah naik di pencarian.

Untuk Mencari kata kunci tersebut, kamu bisa manfaatkan tools-tools riset kata kunci gratis yang tersedia, seperti ahrefs dan neilpatel.

Pahami Intent Pembaca dengan BaikĀ 

Setalah kamu memilih keyword yang ingin kamu gunakan selanjutnya adalah memahami isi konten yang akan dibuat nantinya. Kamu juga harus mengetahui informasi yang diinginkan pembaca atau pengunjung saat mengetikkan kata kunci tertentu di halaman Google.

Pastikan saat membuat artikel sesuai dengan tema tulisan, kata kunci dan juga informasi yang masih berhubungan dengan topik utama.

Ambil Dari Sudut Pandang yang Unik

Penggunaan kata kunci terbaik belum cukup jika tidak dibarengi dengan penulisan artikel yang baik. Cara agar kita bisa membuat artikel yang bagus, unik dan disenangi oleh Google, salah satunya dengan cara mengambil sudut pandang unik atau pribadi.

Selain itu kamu juga harus menyesuaikan juga dengan target pembaca. Mengambil sudat pandang lain dalam membuat artikel akan membuat artikel kita menjadi lebih unik dan sulit untuk di modifikasi orang lain.

Perhatikan dengan Baik Bagian Pembuka  

Bagian pembuka artikel ternyata menjadi kunci apakah pembaca mau melanjutkan bacaannya atau tidak. Karena itu, kamu pastikan untuk menulisnya dengan baik dan informatif menjelaskan isi keseluruhan dari konten.

Selain itu, sangat bagus meletakan keyword yang sedang kita optimasi pada awal paragraf. Bahkan SEO plugin seperti yoast menyarankan untuk meletakan keyword kita di paragraf awal.

Tulis Artikel dengan Paragraf Singkat  

Sebaiknya tulis artikel dengan paragraf yang singkat. Saya merekomendasikan untuk menulis artikel dengan panjang 3 baris saja. Karena jika berlebihan hanya akan memberi kesan bertele-tele.

Selain itu paragraf yang terlalu panjang, akan membuat si pembaca jenuh dan malas membaca artikel yang kita buat. Maka dari itu dibuat paragraf singkat agar si pembaca lebih mudah dalam membaca.

Sebar Kata Kunci dengan Wajar  

Terakhir, kamu bisa menyebar kata kunci target yang diperoleh dalam komposisi sew ajarnya. Dengan demikian, Google tidak akan menganggapnya sebagai keyword stuffing atau spam. Kita bisa ambil contoh artikel ini, saya menyebar rata dan tidak berlebihan, untuk keyword saya letakan di awal paragraf, akhir, dan juga tengah konten.

Cara menulis artikel SEO tentu harus kamu perhatikan dengan baik. Terutama untuk yang ingin menjadikan artikel yang ditulis masuk ke halaman pertama search engine Google. Dengan cara menulis artikel yang mudah ini, pasti semua bisa membuat artikel SEO yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.