Bekerja tanpa adanya tekanan dari bos atau atasan  dan mendapatkan penghasilan lumayan, mungkin inilah yang dimaksud dengan apa itu freelance. Pekerjaan seperti ini tentu sangat cocok untuk kaum milenial. Salah satunya yang sedang booming saat ini adalah freelance programmer.

Saya sendiri suka mengambil job freelance mulai dari slicing, migration server, web apps, maintenance web, bug fixing dan sampai membuat landing page. Memang saya tidak terlalu sering mengambil job freelance dikarenakan pekerjaan utama saya di kantor yang terkadang hingga malam.

Menjadi seorang programmer freelance menurut saya susah-susah gampang. Sulitnya menyesuaikan waktu kerja jika client kita orang luar negeri terkendala bahasa dan lain sebagainya. Tetapi tidak sesulit yang kamu bayangkan koq, karena menjadi freelancer tentu  mempunyai keuntungan misalnya jam kerja yang bisa disesuaikan, tempat kerja dimana saja dan bayaran yang cukup tinggi. Jika teman-teman mau menjadi freelance programmer, saya akan beri tahu apa saja tips suksesnya. 

Apa Itu Freelance Programmer? 

Freelance programmer merupakan pekerjaan sebagai programmer yang tidak memiliki aturan ketat. Bahkan teman-teman bisa memilih sendiri project mana yang ingin diterima. Tentu hal seperti ini tidak akan dijumpai pada pekerjaan serupa di kantoran.

Saat menjadi freelance programmer, maka kamu bisa mengerjakan pekerjaan dimana saja. Namun, perlu diketahui untuk menjadi seorang freelance programmer, maka kamu perlu selalu update pengetahuan terkait teknologi terbaru. Tenang saja, kamu  juga bisa learning by doing, kok. 

Jadi Freelance Programmer Sukses dengan Tips Berikut

Arti freelance bagi generasi masa kini yang enggan memiliki pekerjaan dengan aturan ketat tentu begitu berharga. Siapa yang tidak suka memperoleh penghasilan lewat pekerjaan yang disenangi tanpa aturan ketat? Misal, freelance programmer. Inilah tiips sukses menjadi freelance programmer.

  1. Coba Berpartisipasi di Kompetisi Coding  

Mengawali karir di bidang programmer bisa kamu lakukan dengan mengikuti kompetisi coding. Kamu bisa mengikuti kompetisi seperti ini untuk memenangkan sejumlah uang. Menariknya, bukan cuma uang saja yang bisa kamu dapatkan dari kompetisi ini melainkan juga ilmu dan relasi. Berpatisipasi dalam lomba coding juga dapat menjadi portofolio tambahan. 

  1. Bangun Jaringan dengan Baik   

Kesuksesan freelance programmer tentu juga karena adanya faktor jaringan (networking). Arti freelance tentu akan nihil tanpa adanya jaringan. Maka dari itu, bangunlah jaringan seluas-luasnya dengan baik sehingga bisa memperbesar peluang kesuksesan kamu. 

Karena saya sendiri mendapatkan job freelance adalah dari orang yang saya kenal, seperti teman atas atasan lama saya. Memang ada banyak juga freelancer yang hanya mengandalkan platform freelance. Akan tetapi networking juga sangat penting.

  1. Jangan Lupakan Komunikasi dan Manajemen Waktu    

Sesungguhnya arti freelance tidak terlepas dari yang namanya komunikasi baik dan pandai dalam melakukan manajemen waktu. Tanpa kedua hal ini mustahil bisa meraup sukses. Apapun hal yang berkaitan dengan pekerjaan sebaiknya dikomunikasikan dengan benar. 

Hal ini wajib kamu utamakan dan kamu jaga sebaik mungkin, karena jika kamu tidak lakukan akan berakibat fatal. Mulai dari molornya project sampai miss komunikasi dengan client. Dan itu akan menyebabkan client tidak percaya lagi dan enggan menggunakan jasa mu lagi.

Pada dasarnya kamu bisa mudah meraih kesuksesan sebagai seorang freelancer. Tanpa terkecuali freelance programmer. Hanya saja kamu harus terlebih dahulu memaknai seperti apa itu freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published.